Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Wednesday, August 5, 2009

Menggunakan Bus Dari Bengkulu Ke bandung

Hari itu saya, isteri dan seorang cucu bermaksud melakukan perjalanan dari Bengkulu ke Bandung. Walaupun harga tiket pesawat tidak berbeda jauh dengan tiket bus, kami memilih menggunakan Bus agar dapat melihat-lihat pemandangan. Apalagi saya belum pernah melalui jalan ini.

Pukul 09.33 WIB, bis keluar pool di Kota Bengkulu. Penumpangnya tidak penuh. Awak bus ada 4 orang. Supir 2 dan kernet 2 orang. Pukul 13.30 bis berhenti di Manna. Penumpang istirahat, solat dan makan siang. Kami membeli nasi bungkus. Harganya Rp. 15.000/ bungkus. Porsinya standar. Keluar Manna, pemandangan di kanan jalan terlihat laut. Kadang jalanan juga berada ditepi pantai. Ada juga sungai-sungai yang airnya jernih. Sungguh pemandangan yang nyaman.. Jalanan agak sempit. Pengemudi beberapa kali harus menginjak rem dan membunyikan klakson karena ada hewan ternak dijalan yaitu lembu dan kambing.

Sekitar pukul 16.38 bis memasuki wilayah Propinsi Lampung. Tanjakan tajam, sedikit rusak dan sempit. Juga ada jurang. Kami sempat melihat sebuah kendaraan terperosok kedalam jurang sedalam lebih kurang 30 m. Mendekati Liwa, pemandangan semakin bagus. Laut dan pantai. Pukul 20.28 berhenti di Liwa. Penumpang makan malam dan solat. Setelah istirahat sekitar 1 jam, bus melanjudkan perjalanan.. Pukul 23.38 Tiba di Kota Bukit Kemuning. Kota ini adakah tempat pertemuan jalan Lintas Barat dan Lintas Tengah Sumatera.

Pukul 04.05 tiba di Bekauheni. Tidak banyak antrian kenderaan sehingga bus tidak terlalu lama menunggu untuk diseberangkan. Lamanya penyeberangan menggunakan fery lebih kurang 2 jam 30 menit tiba di Pelabuhan Merak.. Dari Merak, bus masuk Tol menuju Jakarta. Di Jakarta bus benhenti sebentar di pool. Kemudian melanjudkan perjalanan menuju Bandung melalui tol Cipularang. Sekitar pukul 13.00 bus tiba di Pool Bandung.
Dengan harga tiket Rp. 260.000/orang, kami telah dapat menikmati sebuah pengalaman baru. Terimakasih pengemudi dan kernet bus.
Monday, August 03, 2009

No comments: