Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Wednesday, August 29, 2012

Wisata Sejarah Propinsi Riau


Propinsi Riau memiliki sebuah objek wisata sejarah, Candi Muara Takus. Terletak di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar. Berjarak sekitar 122 km dari Kota Pekanbaru.

Untuk menuju ke lokasi Candi, dapat menggunakan kendaraan roda empat maupun sepeda motor. Jalan yang dilalui adalah jalan raya yang menghubungkan Propinsi Riau menuju Propinsi Sumatera Barat. Pada KM 110, berbelok kekanan. Dari simpang ini, jarak candi sekitar 12 km.  Ada rambu-rambunya dan juga ada gerbang.

Ketika mengunjungi objek wisata ini pada akhir Agustus 2012, kami mendapatkan jalan sepanjang 12 km menuju Candi mengalami kerusakan dibeberapa tempat. Namun, tidak sampai menghambat perjalanan. Kendaraan kami beberapa kali berpapasan dengan kendaraan truk pengangkut kelapa sawit.

Berkunjung ke Propinsi Riau tentu semakin lengkap dengan mengunjungi Candi Muara Takus. Kondisi Candi cukup terawat. Tiket masuknya Rp. 3.000 /orang. Disekitar candi terdapat warung penjual makanan/minuman ringan dan penjual souvenir berupa kaos. Tidak jauh dari candi, terdapat sebuah sungai.

(Pekanbaru, Agustus 2012)

No comments: