Sabtu, 05 Januari 2013

Wisata Alam Palak (Kepala) Siring Bengkulu

Propinsi Bengkulu memiliki objek wisata yang cukup lengkap. Disekitar kota Bengkulu, pantainya cukup pajang dan berpasir putih. Ada juga objek wisata sejarah. Di Kabupaten Kepahiyang, terdapat perkebunan teh. Di Kabupaten Bengkulu Utara, terdapat objek wisata alam berupa air terjun dan sungai berbatu-batu. Airnya jernih dan sedikit deras. Ada pula irigasi peninggalan Belanda yang airnya masih mengalir dan jernih.  Nama tempat wisata ini adalah Wisata Alam Kepala Siring (Palak Siring) Kemumu, Arga Makmur. Arga Makmur merupakan  ibukota Kabupaten Bengkulu Utara. Dari Arga Makmur ke Desa Kemumu,  jaraknya sekitar 15 menit perjalanan dengan angkutan umum.


Masyarakat menyebut objek wisata ini dengan “tangga seribu”. Untuk menuju ke sungai dan air terjun, sudah ada tangga-tangga dari semen. Menurut petugas dipintu gerbang, jumlah tangga-tangga tersebut sekitar 200. Objek wisata ini masih sangat alami. Tiket masuknya Rp. 2.000/orang. Tempat parkir luas. Tetapi tidak ada pedagang penjual makanan atau minuman. Jadi, jika berkunjung kesini bawalah bekal secukupnya.

Untuk mengunjungi objek wisata alam Kepala Siring Kemumu, dapat menggunakan kendaraan mobil atau sepeda motor. Dari kota Bengkulu, arahkan perjalanan melalui jalan lintas Sumatera menuju Muko-Muka dan Perbatasan Propinsi Sumatera Barat. Setibanya di kecamatan Kerkap, ada persimpangan jalan. Kekanan mengarah ke Arga Makmur dan kekiri menuju Lais. Kedua jalan ini dapat ditempuh. Di Lais, ada persimpangan juga menuju Arga Makmur. Kami memilih jalan langsung menuju Arga Makmur.( Nopember 2011)

Memasuki jalan menuju Arga Makmur, sudah terasa suasana pedesaan dan pegunungan. Masih banyak pepohonan, kebun sawit, kebun karet dan kopi. Terdapat juga beberapa pemukiman. Tidak ada rambu-rambu. Tidak ada batu penunjuk jarak dipinggir jalan. Cara terbaik adalah bertanya kepada penduduk setempat. Juga tidak ada SPBU. Perjual BBM (Premium) eceran/ketengan lumayan banyak. Harganya mulai dari Rp. 5.500,. s/d 6.000 per liter.   Kondisi jalan lumayan bagus walaupun ada sedikit kerusakan. Banyak belokan, tanjakan dan turunan. Lalu lintas relatif sepi, tetapi aman.

Setelah sekitar dua jam perjalanan, tibalah  di pintu gerbang Objek Wisata Alam Kepala Siring Kemumu, Arga Makmur, Bengkulu Utara. Objek wisata ini terletak sekitar 100 meter dari jalan raya. 

Walaupun objek wisata ini cukup nyaman dan aman dikunjungi, namun belum banyak informasi yang bisa didapat. Bahkan,  jaraknya dari kota Bengkulu pun tidak dapat djelaskan oleh petugas. Ketika saya bertanya: ”Berapa kilometer dari Bengkulu? Petugas hanya menjawab:  “Sekitar dua jam lah”.

Untuk melengkapi perjalanan, ketika pulang, kita dapat melalui jalan yang berbeda. Tidak perlu putar balik. Setelah keluar pintu gerbang, teruskan saja perjalanan menuju Lais. Jalannya juga cukup baik. Memang sedikit lebih jauh. Dari Lais, dapat kembali ke kota Bengkulu. Jika berangkat pada pagi hari, sore harinya sudah tiba kembali di kota Bengkulu.




Tidak ada komentar:

iklan