Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Saturday, December 24, 2011

Jalan Raya Kota Bengkulu Ke Arga Makmur dan Lais.

Berjalan-jalan di Propinsi Bengkulu, akan memberikan pengalaman tersendiri. Banyak objek wisata dengan nuansa berbeda. Ada nuansa laut dan pantai. Ada juga nuansa pegunungan. Kedua nuansa itulah yang saya dapatkan ketika berkeliling dari kota Bengkulu menuju Objek wisata Kemumu.


Objek wisata Kepala siring Kemumu terletak di Kabupaten Bengkulu Utara. Untuk menuju kesana, dapat melalui jalan raya lintas barat. Ketika sampai di kecamatan Kerkap, ada simpang tiga. Ambil jurusan ke kanan. Tidak banyak rambu-rambu. Jalanan banyak belokan dan tanjakan. Dikiri kanan jalan ada kebun kelapa sawit dan karet. Terdapat juga sedikit kerusakan jalan dibeberapa tempat. Belum ada SPBU, tetapi penjual BBM eceran cukup banyak. Harga perliternya sekitar RP.5.500 s/d Rp. 6.000. Tidak kelihatan batu penunjuk jarak. Sehingga tidak tahu persis berapa kilometer jarak kota Bengkulu ke Kemumu. Kalau dihitung waktu tempuh, sekitar dua jam.

Setelah Kemumu, dapat meneruskan perjalanan ke Arga Makmur, ibukota Kabupaten Bengkulu Utara.  Disini jalannya cukup bagus. Terdapat sebuah SPBU. Dari Arga Makmur, teruskan perjalanan menuju Lais. Lais ini terletak di jalan raya lintas barat. Dari Lais dapat menuju kembali kota Bengkulu. Jaraknya sekitar 40 km.
Perjalanan dari Kecamatan Kerkab, Kemumu dan Arga Makmur, bernuansa pegunungan. Udara segar dan banyak pepohonan, pemandangan hijau. Juga terasa suasana pedesaan di beberapa tempat. Hanya kesulitan menemukan rumah makan/restoran. Jalanan lumayan sepi. Apakah karena hari minggu.

Perjalanan dari Lais ke kota Bengkulu. Banyak menyusuri pantai. Udara terasa sedikit panas. Banyak terdapat rumah makan. Lalu lintas cukup ramai. Banyak juga kendaraan besar.
Bengkulu, 7 Nopember 2011                                                                                                           

No comments: