Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Sunday, December 17, 2017

Mengunjungi Wadi Dayqah Oman


Ditengah pegunungan batu, tiba-tiba terlihat ada danau cukup luas. Airnya biru. Tidak terlihat adanya aliran sungai di hulu. Itulah sedikit gambaran tentang Wadi Dayqah Dam. Sebuah tempat tujuan wisata di Oman. Berjarak kurang lebih 112 km dari Azaiba, Muscat.

Tanda-tanda bahwa tempat tersebut dipersiapkan untuk kunjungan wisatawan sudah dirasakan ketika memasuki pintu gerbang. Pintu gerbang besar, ada pagar dikiri kanannya. Walaupun ada pintu gerbang, masuk gratis. Tidak ada petugas. Dikiri kanan jalan menuju dam ditanami pepohonan. Ada taman juga disekitarnya.

Mendekati dam, pemandangan semakin menarik. Pelataran parkir lumayan luas, tidak ada juru parkir. Ada taman seluas kurang lebih seukuran lapangan sepakbola. Taman ditanami rumput, pohon kurma dan sejenis akasia. Dilengkapi saung, bangku-bangku dan air mancur. Ada warung menjual makanan dan minuman. Juga ada toilet.
Memperhatikan dam, sepertinya hanya untuk menampung air dan objek wisata. Ada jalan untuk pejalan kaki menyusuri dam. Ada jalan untuk kendaraan menuju bagian bawah dan hilir dam. Dihilir dam terlihat pemukiman dan kebun kurma.
j
Berwisata ke Wadi Daiqah Dam terasa nyaman dan aman. Kelihatan bahwa pemerintah benar-benar ingin membuat pengunjung merasa betah. Terutama pengunjung keluarga. Pagar keliling cukup tinggi tapi tidak mengganggu pemandangan. Lingkungan bersih. 

No comments: