Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Thursday, November 30, 2017

Melihat Tanaman Dan Burung Dimanjakan Di Muscat Oman


Sebagai ibukota Oman, Muscat terus berbenah. Banyak wisatawan manca negara berkunjung. Kota ini memang memberi kenyamanan. Masyarakatnya ramah, kotanya tertib dan bersih, banyak pepohonan dan taman. Banyak pula burung bebas terbang.
Ketika berkunjung ke Muscat bulan Nopember 2017, saya melihat pohon beserta tanaman lainnya benar- benar dirawat. Sebagian besar pohon di taman dan dipinggir jalan dialiri air melalui slang/pipa. Pada waktu pagi terlihat air keluar dari slang/ pipa. Sehingga pangkal pohon terlihat basah.

Penyiraman bunga-bunga juga melalui slang/pipa. Rumput disiram dengan semprotan air kecil. Dengan demikian, tanaman tersebut terlihat tumbuh subur. Daunnya menghijau dan bunga warna warni mekar. Pemandangan yang memberi kenyamanan.
Diantara pohon, rumput dan bunga dengan mudah dapat dilihat beberapa jenis burung. Bahkan ada burung perkutut dan balam yang bebas berkeliaran. Burung lainnya adalah gagak, merpati, belibis. Ada burung lain saya tidak tahu namanya.
Burung merpati, gagak dan ( belibis?) banyak ditemukan di pinggir pantai. Dipinggir pantai Mutrah, saya sempat melihat seseorang turun dari mobil membawa bungkusan. Ternyata bungkusan tersebut berisi makanan burung yang diletakkan disuatu tempat. Burung-burung berdatangan. Orang tersebut juga menuangkan air dari jerigen ke wadah terbuka sehingga burung-burung dapat minum. Sepertinya masyarakat tempatan juga memiliki keperdulian terhadap lingkungan.


Oman memang layak dijadikan tujuan wisata dunia. Banyak objek wisata. Lingkungan aman dan nyaman. Ada gunung batu berbagai bentuk. Ada taman yang menghijau. Ada laut dan pantai. Semuanya memikiki keindahan tersendiri.

No comments: