Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Saturday, December 9, 2017

Piknik Ala Oman Di Eastern Mountain

Setelah mengunjungi beberapa pantai di Oman, kali ini kami piknik di gunung. Pilihannya adalah Eastern Mountain. Saya lihat di google map nama tempatnya Jebel Hat. Berjarak sekitar 216 km dari Azaiba Muscat.
Kami berangkat dari Azaiba sekitar pukul 10.30 waktu setempat menuju Nizwa. Shalat Jum'at kami lakukan di Masjid Sultan Qaboos Nizwa. Selesai Jum'atan, kami makan siang disebuah restoran sekitar Benteng Nizwa (Nizwa Fort). Singgah sebentar di masjid dekat benteng.
Sampai ditujuan sekitar pukul 4 petang. Sudah ada beberapa pengunjung lain. Matahari bersinar terang tetapi udara terasa dingin. Pemandangan dari sini memang menarik. Terlihat gugusan pegunungan batu. Ada juga pemukiman dicelah gunung. Semakin petang semakin dingin. Akhirnya kami putuskan untuk meninggalkan lokasi mencari tempat yang tidak terlalu dingin.
Turun beberapa kilo meter, kami berhenti di sebuah dataran. Banyak bebatuan besar disekitarnya. Tempat yang lumayan nyaman. Dari sini terlihat pemukiman dan jalan berliku dibawah. Untuk menghangatkan badan, segera saja kami nyalakan api. Acara bakar-bakar sate dan sosis pun dimulai.
Menikmati makan malam dialam terbuka memberi sensasi tersendiri. Diufuk barat terlihat cahaya kemerahan. Semakin malam terasa semakin menarik. Dikejauhan ada banyak lampu dipemukiman penduduk. Cuaca cerah menampakkan bintang-bintang dilangit.
Ketika persediaan kayu bakar habis dimakan api, kami bersiap meninggalkan gunung. Udara dingin tidak cukup diatasi dengan jaket dan kupruk. Piknik ala Oman digunung hari ini berakhir.
Perjalanan pulang sedikit berbeda. Jalanan dipegunungan tidak/belum diterangi lampu listrik. Hanya ada penerangan di pemukiman. Kondisi jalan sangat baik. Disalah satu pemukiman(desa) kami berhenti. Numpang shalat di masjid pinggir jalan. Kamar mandi dan tempat wudhu lumayan bersih. Airnya banyak dan dingin. Sampai-sampai saya shalat sambil menggigil kedinginan.
Melalui jalanan yang sepi ditengah pegunungan malam hari ada kesan tersendiri. Sesekali melewati pemukiman/desa. Berpapasan dengan satu atau dua kendaraan lain. Setelah memasuki jalan raya utama, kondisinya berbeda. Lampu penerangan menerangi sepanjang jalan. Lalu lintas lebih ramai.
(Azaiba, Muscat 9 Desember 2017)