Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Saturday, May 21, 2011

MELALUI JALAN ALTERNATIF KAMPAR -RIAU

Masyarakat di Propinsi Riau banyak yang memanfaatkan hari liburnya untuk berwisata ke Propinsi tetangga, khususnya Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Berkunjung ke propinsi tetangga itu,membutuhkan waktu cukup panjang dan biaya relatif lebih besar.

Sebenarnya, bagi warga Pekanbaru dan sekitarnya, dapat memanfaatkan libur akhir pekan dengan berwisata keluarga ke Kabupaten Kampar. Waktu satu hari cukup. Biayapun relatif kecil.

Dari Pekanbaru, arahkan perjalanan menuju Rantau Berangin melalui jalan biasa yaitu melalui Danau Bengkuang, Kampar, Air Tiris, Bangkinang dan Kuok. Jaraknya sekitar 90 km. Jalanan ini cukup ramai. Terdapat juga pasar tradisional. Jika ingin makan dirumah makan, di Rantau Berangin cukup banyak tersedia. Namun, lebih berkesan lagi jika makan dipinggir Sungai Kampar. Tentunya dengan membawa bekal secukupnya.

Ketika hendak pulang ke Pekanbaru, ada jalan alternatif. Ada beberapa pilihan untuk menuju jalan alternatif ini. Sesampainya di Kuok, Bangkinang atau Air Tiris, temukan jembatan yang akan membawa kita keseberang Sungai Kampar. Sangat mudah menemukan jembatan ini. Letaknya disebelah kiri jalan utama.

Jalan diseberang itu cukup bagus walaupun tidak terlalu lebar. Jalan ini berakhir di Danau Bengkuang. Sepanjang perjalanan, kita dimanjakan dengan suasana pedesaan dan alami.  Perlu dipahami, rambu-rambu masih sangat kurang. Persimpangan juga tidak banyak. SPBU  belum ada. Penjual BBM ketengan ada.
Pekanbaru, 21 Mei 2011

No comments: