Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Wednesday, February 8, 2012

Mendapat Kemudahan Perjalanan Setelah Berdo'a


Kehidupan tidak akan pernah sepi dari kesulitan/masalah. Kita sangat membutuhkan tempat untuk mengadu (curhat). Tempat mengadu yang paling tepat adalah Yang Maha Kuasa, Allah SWT.

Dalam menjalani kehidupan ini, beberapa kali saya mendapatkan kemudahan setelah berdo’a dengan sungguh-sungguh. Bahkan, pernah hanya dalam waktu tiga hari, do’a saya terkabul. Terjadi perubahan sangat signifikan.

 Ketika itu saya terpilih untuk mengikuti  sebuah kegiatan  tingkat nasional di Jakarta. Tentu saja ada rasa senang. Saya masih bertugas di sebuah Kabupaten. Semua peserta harus berkumpul dulu diibukota Propinsi. Perjalanan ke ibukota Propinsi itu ada dua pilihan yaitu kapal laut atau pesawat udara. Lama perjalanan dengan kapal laut sekitar 36 jam dan dengan pesawat udara sekitar satu jam.

Pimpinan memberi saya beberapa perlengkapan, termasuk tiket pesawat sekali jalan. Perjalanan dari ibukota Propinsi ke Jakarta pergi pulang dan selama kegiatan,  menjadi tanggung jawab institusi tingkat Propinsi.

Ketika mengikuti rapat di ibukota Propinsi, ternyata telah ditetapkan, bahwa perjalanan ke Jakarta akan menggunakan angkutan darat (bus). Lamanya perjalanan itu kurang lebih 30 jam. Ada satu hal yang saya khawatirkan. Lamanya perjalanan akan mengganggu pelaksanaan shalat lima waktu.  Memang boleh saja dilaksanakan dalam bus dan tayamum.  Namun, perjalanan singkat akan lebih memudahkan.

Untuk merubah ketetapan itu, saya tidak mempunyai kewenangan apapun. Akhirnya, tiap malam saya lakukan shalat tahajud. Berdo’a semoga perjalanan ini tidak sampai menyulitkan saya untuk melaksanakan ibadah.

Tiga hari kemudian, seluruh peserta dikumpulkan lagi. Pengumuman pentingnya, seluruh peserta akan diberangkatkan dengan pesawat udara.  Sebuah perubahan diluar perkiraan. Pengumuman yang sangat menggembirakan. Sebab dengan menggunakan pesawat, perjalanan menjadi lebih singkat waktunya.

Setelah kegiatan berakhir, semua peserta harus kembali ke ibukota Propinsi dengan menggunakan angkutan darat. Kecuali yang dari kabupaten tempat saya bertugas. Karena hubungan kesana hanya dapat dilalui dengan kapal laut atau pesawat udara, maka pimpinan mengambil kebijakan untuk memberikan tiket pesawat. Jika menggunakan kapal laut, harus menunggu beberapa hari lagi. Akhirnya, seluruh perjalanan panjang itu dapat saya lewati dengan banyak kemudahan.

Ternyata, do’a sungguh-sungguh untuk menjaga ibadah, di kabulkan. Oleh sebab itu, jika ingin mendapat kemudahan, jadikan ibadah bahagian penting dan utama dari aktivitas.

Pekanbaru, 30 Nopember 2011

No comments: