Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Tuesday, March 20, 2012

Wisata Kuliner Danau Bengkuang Propinsi Riau

Tidak jauh dari kota Pekanbaru, terdapat objek wisata kuliner. Jika berkunjung ke Pekanbaru Propinsi Riau, tidak ada salahnya mengunjungi tempat ini. Lumayan untuk menikmati makanan tradisonal. Harganya pun relatif terjangkau.

Objek wisata kuliner itu adalah  desa Danau Bengkuang, Kabupaten Kampar. Terletak sekitar 30 km dari pusat kota Pekabaru. Desa ini berada dilintasan jalan raya antar propinsi yang menghubungkan Propinsi Riau dengan Sumatera Barat. Cukup mudah untuk dikunjungi. Desa Danau Bengkuang terletak dipinggir sungai Kampar.

Di desa ini, sekarang terdapat beberapa warung yang menjual makanan/cemilan tradisional. Salah satunya lepat bugis. Masyarakat setempat menyebutnya dengan lopek bugih. Sebuah makanan tradisional terbuat dari tepung pulut/ketan dengan inti kelapa dan gula. Dibungkus dengan daun pisang. Rasanya manis. Disamping lepat bugis, juga ada berbagai macam cemilan tradisional Riau lainnya.

Disamping menjual dalam kemasan plastik untuk dibawa sebagai oleh-oleh, juga dapat dinikmati ditempat. Beristirahat sejenak di Danau Bengkuang,  minum kopi dan makan lepat bugis merupakan kenyamanan tersendiri. Ramainya lalu lintas kendaraan, turut memberi kesan berwisata kuliner di Desa Danau Bengkuang, Propinsi Riau.

Berwisata dan tidak ingin kehilangan kesempatan shalat berjamaah di masjid, dipinggir Sungai Kampar itu terdapat dua buah masjid. Tidak jauh dari desa Danau Bengkuang ke arah Bangkinang, terdapat sebuah masjid besar dan bagus. Tempat wudunya bersih dan halaman parkirnya luas.

Pekanbaru, 19 Maret 2012

No comments: