Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Tuesday, April 22, 2014

Wisata Sejarah Istana Siak Propinsi Riau


Salah satu ikon Propinsi Riau adalah Istana Siak. Objek wisata sejarah ini terletak di kabupaten Siak. Sampai hari ini terawat dengan baik. Banyak dikunjungi pada hari libur. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Ibukota Propinsi dan sarana jalan yang memadai, memberi kemudahan bagi pengunjung.

Istana Siak terletak di Kota Siak. Ibukota Kabupaten Siak Sri Inderapura. Berjarak kurang lebih 130 km dari Pekanbaru atau sekitar  tiga  jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Ada tiga pilihan jalan darat. Pertama, melalui Perawang. Dalam perjalanan ini, kita akan dapat menikmati objek wisata berupa jembatan Perawang. Jalan yang ditempuh lumayan bagus dan lebar.
Tetapi, dari simpang Minas sampai Perawang banyak kendaraan besar lewat. Kedua melalui jalan lintas timur dan simpang Kerinci. Jalannya kurang bagus dan lebih jauh. Perjalanan relatif lebih dekat, melalui lintas timur dan simpang Meredan. Sekarang jalan ini sudah mengalami perbaikan dengan pengasapalan dan beton. Hanya sekitar 3 km yang masih sirtu.

Jika ingin menggunakan transportasi sungai, dapat juga menaiki speedboat atau kapal cepat. Lama perjalanan kurang satu jam. Perjalanan ini menyusuri sungai Siak. Sungai terdalam di Indomesia. Jika ingin menggunakan speedboat, dapat membeli tiket dan naik dari pelabuhan Pelita Pantai. Letaknya di ujung utara Jl. Soedirman Pekanbaru.  Sedangkan kapal cepat (fery), ada di Pelabuhan Sungai Duku. Terletak lebih dihilir Pelabuhan Pelita Pantai. Kedua pelabuhan ini terhubung dengan angkutan kota (oplet).
Pekanbaru, April 2014



No comments: