Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Thursday, October 19, 2017

14 Jam Berkeliling Propinsi Riau



Bagi peminat jalan-jalan, Propinsi Riau memiliki beragam pilihan. Tentu saja kondisi alamnya tidak dapat disamakan dengan keindahan alam Sumatera Barat atau Jawa Barat. Justeru perbedaan kondisi itu dapat menjadi daya tarik tersendiri.

Pertengahan Oktober 2017, kami mencoba melakukan sebuah perjalanan alternatif. Dari Pekanbaru, kami melalui jalan menuju Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi. Perjalanan ini ditempuh lebih kurang 4 jam. Kondisi jalan raya secara umum bagus. Sepanjang jalan banyak pemukiman. Ada juga kebun Kelapa sawit dan kebun karet. Tidak banyak lagi hutan. Jalan raya Pekanbaru-Teluk Kuantan adalah jalan raya menuju Lintas Tengah Sumatera.

Ketika sampai di Teluk Kuantan, kami memilih jalan tidak masuk kota. Jalan ini terlihat baru. Aspalnya masih mulus. Sayangnya tidak dilengkapi rambu-rambu. Beberapa kali kami harus bertanya kepada warga tempatan.

Dari Teluk Kuantan, kami menuju Air Molek (salah satu kota Kecamatan di Kabupaten Inderagiri Hulu). Kondisi jalan raya  cukup bagus. Banyak juga pemukiman. Perjalanan ini kami tempuh sekitar 4 jam. Termasuk istirahat dan makan siang di Pangean.


Di Air Molek, kami berhenti di sebuah mini market. Menikmati segelas kopi sambil melihat-lihat keramaian lalu-lintas Air Molek, memberikan kesan tersendiri. 


Setelah kondisi tubuh terasa lebih segar, kami melanjutkan perjalanan menuju Pekanbaru melalui Lintas Timur Sumatera. Memasuki jalan Lintas Timur Sumatera, jalanan terasa ramai lancar. Banyak kendaraan kecil maupun kendaraan besar. Beberapa kali perjalanan tersendat.  Kendaraan besar yang tidak dapat melaju  di tanjakan, membuat kendaraan lain dibelakang ikut melambat atau behenti sejenak. Kondisi jalan raya cukup bagus.

Perjalanan Pekanbaru, Teluk Kuantan, Air Molek dan kembali lagi ke Pekanbaru kami tempuh sekitar 14 jam. Suasana sedikit berbeda kami rasakan dalam perjalanan dari Teluk Kuantan menuju Air Molek. Jalanan relatif lengang. Dengan kondisi jalan raya bagus dan lingkungan yang aman, berkeliling di Propinsi Riau juga dapat dijadikan wisata alternatif.

No comments: