Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Saturday, January 12, 2013

Menikmati Soto Bandung


Suatu ketika dibulan Ramadhan, saya bersama seorang anak dan seorang ponaan melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Bandung. Disaat-saat mendekati waktu berbuka, kami mulai melihat-lihat rumah makan. Setelah beberapa waktu berjalan dan waktu berbuka semakin dekat, maka kami segera menghampiri sebuah rumah makan. Ternyata menunya hanya satu, yaitu soto. Tanpa menunggu lagi, kami segera memesan tiga porsi soto berserta nasi.

Ketika dihidangkan, saya melihat ada perbedaan antara soto ini dengan soto ditempat tinggal saya. Mungkin melihat saya sedikit bingung, anak saya berbisik, “ Ini soto Bandung”. Ternyata rasanya cukup enak dan cocok dilidah. 

Sejak saat itu, Soto Bandung menjadi salah satu makanan kesukaan saya. Bahan-bahannya antara lain, lobak, kacang kedele goreng, daging sapi dan bawang goreng. Cocok dinikmati hangat dengan sepiring nasi. Sepertinya makanan ini belum banyak tersedia dikota lain. Oleh sebab itu, ketika datang keinginan untuk menikmatinya, saya minta isteri membuatkan. Lobaknya diganti dengan sayuran lain. Ada rasa syukur, masih bisa menikmati berbagai makanan disaat banyak orang lain berpantang dengan berbagai makanan. Tidak sedikit pula orang berada pada kondisi belum mampu membeli bermacam-macam makanan.
(Pekanbaru, Desember 2012)

No comments: