Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Saturday, August 8, 2009

Elf, Angkutan Umum Di Jawa Barat

Di Jawa Barat ada satu jenis angkutan umum yang disebut “Elf”. Lebih kecil dari bis. Angkutan umum ini melayani penumpang untuk berbagai jurusan dalam wilayah Propinsi . Jumlahnya cukup banyak dan mudah menemukannya.
 Keinginan saya untuk mencoba angkutan ini kesampaian juga. Hari itu, saya dan isteri bermaksud mengunjungi kerabat di Kabupaten Garut. Dari rumah ( Binong Bandung), kami menggunakan angkutan kota jurusan Cibiru. Di Cibiru kami menaiki Bis jurusan Cicaheum – Garut. Mungkin karena masih pagi (sekitar pukul 06.00 WIB) bis tidak penuh. Jalanan juga cukup lancar.

Kurang lebih 2 jam, kami tiba di Terminal Garut. Setelah mencari-cari informasi, kami menemukan terminal elf .Letaknya bersebelahan dengan terminal bis. Kami memilih jurusan Garut-Singajaya. Elf sudah tersedia tapi belum ada penumpang. Kami putuskan untuk menunggu di luar terminal saja.
Kurang lebih 30 menit menunggu, elf nya muncul. Penumpang yang naik hanya 3 orang. Elf berjalan pelan-pelan sambil mencari penumpang. Tiba di Cikajang, penumpang hanya 5 orang. Di Cikajang, elf ngetem(parkir) sekitar 2 jam. Setelah penumpang penuh, elf melanjudkan perjalanan. Yang mengagetkan kami, pada kursi disamping pengemudi diisi 3 orang. Berdasarkan pembicaraan dengan penumpang yang satunya lagi, kami mengetahui bahwa kondisi ini memang sudah biasa. Lumayan sempit.

Perjalanan menuju Singajaya memakan waktu 2 jam lebih. Dengan kondisi seperti itu, terasa kurang nyaman. Hal ini terobati dengan indahnya pemandangan sepanjang perjalanan. Melalui pegunungan. Terlihat sawah dan kebun sayur. Setelah lebih 2 jam berdesakan didalam elf, kami tiba ditujuan.
Silaturrahmi kami lakukan hanya sekitar 1 jam, kami pamitan untuk pulang. Tidak ada pilihan lain. Naik elf dulu. Penumpangnya belum penuh. Di Cikajang, suasana berdesakan kembali terjadi. Karena sudah mengetahui hal itu akan terjadi, kami nikmati saja. Sampai di Garut, kami pindah ke bus jurusan Garut-Cicaheum Bandung. Sampai di Cibiru, naik angkutan kota lagi.

Perjalanan sehari yang cukup melelahkan. Walaubagaimanapun, perjalanan ini menambah pengalaman. Dengan ongkos Rp. 100.000 kami sudah dapat jalan-jalan. Ongkos bis Bandung-Garut Rp. 10.000/orang dan elf Garut- Singajaya Rp. 15.000/orang. Terima kasih kami untuk pengemudi dan kernet bis/elf. Juga buat pengemudi angkutan kota.

Sunday, August 02, 2009

No comments: