Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Monday, November 7, 2011

Mengunjungi Pantai Seluma Propinsi Bengkulu

Seluma adalah sebuah Kabupaten di Propinsi Bengkulu. Ibukotanya Tais, terletak sekitar 60 km dari kota Bengkulu. Tertarik untuk melihat-lihat wilayah ini, saya dan isteri berkunjung dengan menggunakan sepeda motor.
Pagi itu, saya dan isteri keluar rumah dengan mengendarai sepeda motor. Belum tahu tujuannya kemana. Kami memang selalu seperti itu ketika berada disuatu kota, selalu memanfaatkan kesempatan untuk jalan-jalan. Agar lebih mudah dan murah, pilihannya tentu menggunakan sepeda motor.
Setelah berkeliling di kota Bengkulu, kami melihat rambu-rambu lalu lintas yang menunjukkan arah ke Tais. Kami ikuti petunjuk rambu-rambu itu. Dipinggir jalan  terlihat batu penunjuk jarak, Tais itu  58 km. Karena merasa jarak itu tidak terlalu jauh, kami ikuti saja.
Jalan raya menuju Tais ini adalah jalan raya antar Propinsi. Jalan ini menghubungkan Kota Bengkulu, Kabupaten Manna, terus ke Propinsi Lampung dan Pulau Jawa. Oleh sebab itu, jalan ini cukup ramai. Kondisi jalan lumayan bagus. Ada kerusakan sedikit dibeberapa tempat. Namun, belum pada kondisi mengganggu perjalanan.
Ketika berhenti di sebuah masjid Tais untuk shalat zuhur, kami melihat rambu-rambu lalu lintas yang menunjukkan arah ke Pantai Seluma. Terlanjur sudah di Tais, kami melanjudkan perjalanan menuju Pantai Seluma. Menurut informasi dari seseorang, jaraknya sekitar 7 km.
Spidometer telah memperlihatkan perjalanan kami sudah sekitar 7 km, namun belum ada tanda-tanda adanya pantai/laut. Kami beberapa kali bertanya kepada penduduk setempat. Katanya, tidak jauh lagi. Semakin mendekati lokasi, jalannya ternyata mengalami kerusakan cukup parah. Berlubang dan digenangi air. Pemandangan persawahan dikiri-kanan jalan memberikan sedikit kenyamanan. Kami tidak tahu, apakah ada jalan lain.
Setelah melalui jalan rusak sekitar 3 km, akhirnya kami sampai di Pantai Seluma. Lumayan bagus dan masih asli. Terlihat beberapa orang anak-anak dan pemuda sedang bermain dipantai. Kamipun menikmati makan siang dipinggir pantai sambil menikmati pemandangan alam.
Bengkulu, 2 Nopember 2011

No comments: