Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Thursday, January 5, 2012

Minum Kopi Pada Jam Kerja


Suatu siang di Tokyo. Hari itu kegiatan yang saya ikuti adalah mengunjungi pusat pelayanan bencana alam di Tokyo. Setelah mendapatkan penjelasan tentang penanganan bencana alam di Jepang, kami dibawa ke sebuah gedung yang cukup tinggi. Bukan Tokyo Tower.


Dari gedung itu dapat terlihat kota Tokyo. Di ruangan itu juga terdapat  tempat minum-minum. Semacam restoran. Saya tidak begitu tertarik melihat kota Tokyo dari ketinggian. Lebih ingin menikmati kopi.
Salah seorang pendamping dari Jepang, saya lihat duduk disebuah meja sambil membaca. Saya hampiri dan menawarkan untuk sama-sama minum kopi. Dia menjawab sambil tersenyum :” Ya, but not now”.

Waktu itu memang masih jam kerja. Kunjungan ke gedung itu, termasuk dalam jadwal kegiatan. Saya urungkan niat minum kopi. Akhirnya kami berbincang-bimcang saja. Perbincangan yang ada kaitannya dengan tugas.
Begitu disiplinnya orang Jepang. Tidak mau mencampur adukkan kerja dengan bersantai. Jam kerja ya untuk kerja. Pantas negara mereka bisa maju.
Pekanbaru, 29 Desember 2011

No comments: