Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Saturday, August 24, 2013

Berwisata Keluarga Di Bengkulu


Bangun tidur pagi hari, cucu saya langsung mengajak main ke pantai. Hampir setiap pagi. Cucu ini umurnya baru 6 tahun. Berdomisili di Pekanbaru, Propinsi Riau. Selama di Bengkulu, kami bertempat tinggal di kawasan Pasar Baru. Tidak terlalu jauh dari pantai. Dengan berjalan kaki, sekitar 10 menit.

Setibanya dipantai, langsung bermain. Menikmati dorongan gelombang di pantai dan membuat gundukan pasir dengan berbagai bentuk. Ketika matahari mulai panas, kami pulang.

Propinsi Bengkulu memang layak dijadikan tujuan wisata keluarga. Berbagai fasilitas telah tersedia. Banyak objek wisata. Di kota Bengkulu, ada beberapa pantai seperti Pantai Panjang dan Pantai Jakat. Agak keluar kota sedikit, ada Pantai Teluk Sepang. Disamping pantai, ada pula objek wisata sejarah. Antara lain Benteng Marlborough, Masjid Jamik, Makam Sentot Ali Basya, Rumah Bung Karno dan Rumah Fatmawati.

Diluar kota Bengkulu, ada pula air terjun dan air panas Suban di Curup (sekitar 90 km dari kota Bengkulu), kebun teh Kabawetan di Kepahiyang (sekitar 60 km dari kota Bengkulu). Suasana pegunungan, akan ditemukan di kawasan Arga Makmur. Disini ada objek wisata Air Terjun Kemumu (masyarakat menyebutnya tangga seribu). Bunga Bangkai sebagai salah satu ikon Bengkulu, dapat pula ditemukan di daerah gunung (antara Kota Bengkulu dengan Kabupaten Kepahiyang)

Untuk dapat menikmati wisata di Bengkulu, memang perlu kendaraan sendiri atau menyewa. Jumlah angkutan umum masih terbatas bahkan untuk tujuan tertentu belum tersedia.

Relatif aman dan arus lalu lintas lancar, itu yang kami rasakan ketika berkunjung ke objek-objek wisata di Bengkulu. Bahkan ketika mengalami kecelakaan kecil, kami mendapatkan pertolongan dari warga.
Pekanbaru, Agustus 2013

No comments: