Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Wednesday, September 18, 2013

Transportasi Sungai Di Propinsi Riau


Sesuai dengan geografisnya, maka Popinsi Riau memiliki sarana transportasi darat, udara dan laut/air. Salah satu sungai yang memiliki peranan penting di Propinsi Riau adalah sungai Siak. Sungai ini menghubungkan Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak Sri Indrapura, Kabupaten Meranti dan Kabupaten Bengkalis. 

Walaupun daerah-daerah tersebut telah dapat dikunjungi dengan menggunakan angkutan darat, namun sarana angkutan sungai masih banyak digemari. Angkutan air ini terdiri dari kapal cepat, motor tempel dan kapal kayu. Masing-masing sarana angkutan tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan.


Bagi masyarakat  Kota Pekanbaru yang selalu bepergian melalui Sungai Siak ada sebuah sarana angkutan yang cukup dikenal. Sebuah kapal kayu berkapasitas 200 an penumpang. Sebuah sarana angkutan yang memiliki keunikan. 

Ada dua pilihan tiket dalam menggunakan kapal kayu ini, yaitu kamar dan dek. Jika membeli tiket dek, boleh memilih tempat dimana saja. Artinya, tidak tersedia tempat khusus. Sedangkan untuk tiket kamar, disediakan sebuah kamar khusus. Kamar ini merupakan lantai beralaskan tikar plastik dan dibatasi oleh sekeping papan. Luas kamar ini sekitar 2X0,7 meter dan tanpa dinding. Papan pembatas dapat dilepas. Beberapa kali menggunakan kapal kayu ini, saya merasa cukup nyaman. Berangkatnya tepat waktu dan tiketnya lebih murah dibandingkankan angkutan air lainnya.

Perjalanan kapal kayu ini dari Pekanbaru dan berakhir di pelabuhan Selat Panjang, Kabupaten Meranti. Berangkat dari Pekanbaru pukul 16.00 WIB dan tiba di Selatpanjang sekitar pukul 05.00 pagi esoknya. Bagi penumpang yang akan melanjutkan perjalanan ke Batam dan Tanjungpinang, tersedia beberapa kapal cepat yang akan berangkat antara pukul 08.00 dan 11.00 WIB. Beberapa jam sebelum sampai di pelabuhan Selat Panjang, ada petugas yang menawarkan tiket kapal cepat untuk tujuan tersebut.

Menikmati pemandangan petang hari di Sungai Siak merupakan salah satu kemudahan yang dapat dinikmati ketika menumpang kapal kayu tersebut. Istirahat dan tidur pada malam harinya dan pagi-pagi sudah sampai di tujuan.
Pekanbaru, September 2013

No comments: