Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Saturday, November 23, 2013

Menggunakan Kereta Api Pangrango Dari Bogor Ke Sukabumi Pergi Pulang

Ketika melihat di sebuah stasiun televisi, bahwa sudah dibuka kereta api jurusan Bogor-Sukabumi, timbul keinginan untuk mencobanya. Agar tidak terburu-buru. Maka kami memutuskan untuk menginap di kediaman saudara di Bojong Gede. Bojong Gede ini cukup dekat dengan Bogor dan ada akses kereta api (commuter)

Selesai shalat subuh, kami tinggalkan rumah dengan berjalan kaki menuju jalan raya. Disini kami menuggu angkutan kota nomor 31. Tidak lama, angkot yang kami tinggu datang. Ternyata, pagi-pagi sekali sudah ada angkutan kota. Sekitar setengah jam kemudian, kami sampai di stasiun Bojong Gede. Kami langsung membeli tiket kereta api ke Bogor.

Turun di stasiun Bogor, kami bergegas menuju stasiun Paledang. Jaraknya sekitar 100 meter dari stasiun Bogor. Kami membeli tiket ekonomi AC seharga Rp. 15.000 perorang. Ada juga klas eksekutif seharga Rp. 35.000 perorang. Jadwal berangkat dari Bogor pukul 07.35 WIB. Ada tiga kali keberangkatan dari stasiun Paledang Bogor ke Sukabumi. Yaitu 07.35, 12.45 dan 17.55 WIB. Sedangkan dari Sukabumi ke Paledang Bogor juga tiga kali yaitu pukul 05.00, 10.10 dan 15.20 WIB.

Stasiun Paledang ini baru saja diresmikan. Oleh sebab itu, ada fasilitas yang masih dalam pembenahan. Terutama toilet. Disekitar stasiun ada penjual makanan/minuman ringan. Ada juga makanan untuk sarapan.
Di stasiun, kami sempat berbincang-bincang dengan calon penumpang lain. Ternyata banyak dari calon penumpang ini sama tujuannya dengan kami. Sekedar ingin mencoba dan akan kembali ke Bogor pada hari yang sama. Berwisata sehari di Bogor dan Sukabumi Jawa barat.

Sekitar pukul 7.20 WIB, kereta api dari Sukabumi masuk dan berhenti untuk menurunkan penumpang. Cukup banyak penumpangnya. Selesai menurunkan penumpang. KA menuju ke stasiun Bogor. Tidak lama kemudian, K A kembali ke stasiun Paledang untuk menaikkan penumpang. Sekitar pukul 07.50, kereta berangkat. Rangkaian kereta terdiri dari lokomotif, gerbong restoran, gerbong eksekutif dan tiga gerbong ekonomi AC.

Dari stasiun Paledang menuju sukabumi, terdapat stasiun pemberhentian yaitu stasiun Batutulis, Maseng, Cigombong, Cicurug, Parungkuda, Cibadak, Karangtengah dan Cisaat. Jarak antara stasun ditempuh selama sekitar 10 sampai 15 menit. Disetiap stasiun, kereta berhenti hanya untuk menurunkan dan menaikkan penumpang. Sekitar pukul 9.40 WIB, kareta tiba di stasiun Sukabumi.

Selama dalam perjalanan, penumpang dapat menyaksikan kebun dan sawah disamping pemukiman penduduk. Ketika akan memasuki dan selama melalui pemukinan, petugas ketera selalu mempunyikan “klakson”. Hal ini sangat berguna, karena jarak antara rumah penduduk disekitar rel dan badan kereta cukup dekat. Bahkan ada yang jarak atap rumah dengan gerbong hanya sekitar 50 CM. Hal ini tentu sangat berbahaya.

Menunggu keberangkatan kereta dari Sukabumi ke Bogor pada pukul 15.20 WIB, kami manfaatkan untuk melihat-lihat kota Sukabumi. Pusat kota tidak jauh dari stasiun. Dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Begitu juga dengan Masjid Raya yang terletak di alun-alun. Berwisata sehari menggunakan kereta api Pangrango dari Bogor ke Sukabumi pergi pulang dan berkeliling di pusat kota Sukabumi, memiliki arti tersendiri.