Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Monday, February 27, 2012

Dengan Sepeda Motor Berkeliling Propinsi Bengkulu


Kesempatan menggunakan sepeda motor untuk berkeliling disebuah wilayah, selalu saya manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sesuai dengan kemampuan, jarak tempuh yang saya pilih adalah sejauh perjalanan satu hari pergi-pulang. Artinya, ketika berangkat dari rumah pada pagi hari, saya perhitungkan pada sore harinya sudah dapat kembali pulang.


Di Propinsi Bengkulu, aktivitas ini telah mengantarkan saya ke Kabupaten  Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Kepahiang dan Seluma. Bengkulu Tengah dan Seluma berbatasan langsung dengan kota Bengkulu. Sedangkan Bengkulu Utara berbatasan dengan Bengkulu Tengah, begitu juga dengan Kabupaten Kepahiang

Dalam perjalanan mengunjungi Bengkulu Utara dan Kepahiang,  saya menemukan suasana yang sedikit berbeda dengan dua Kabupaten lainnya. Ibukota Bengkulu Utara Arga Makmur bernuansa pegunungan. Kota Arga Makmur terlihat cukup bersih dan relatif sepi. Tidak terlihat adanya keramaian lalu lintas. Suasana ramai terlihat disebuah pasar tradisional. Jalan raya yang bagus dan sepi dari lalu lintas, membuat perjalanan di Bengkulu Utara ini terasa nyaman.

Kepahiang terletak di jalan raya lintas Propinsi. Kota ini terlihat cukup ramai. Kota Kepahiang selalu disinggahi angkutan umum dari Kota Bengkulu menuju Propinsi Sumatera Selatan, Jambi, Sumatera Barat dan Riau. Begitu juga sebaliknya.

Ibukota Kabupaten Seluma, Tais juga terletak dijalan raya lintas Propinsi. Namun, tidak seramai Kepahiang. Kota ini selalu disinggahi angkutan umum yang menuju Lampung dan Pulau Jawa.

Aktivitas bersepeda motor di Propinsi Bengkulu, tidak banyak hambatan. Kondisi jalan raya, pada umumnya baik. Walaupun ada kerusakan dibeberapa tempat. Namun, kerusakan itu belum sampai mengganggu perjalanan. Rasa aman juga saya rasakan ketika melakukan perjalanan tersebut. Kurangnya rambu-rambu lalu lintas, teratasi dengan adanya pemukiman dengan penduduk yang cukup ramah. Kurangnya jumlah SPBU, dapat diatasi dengan banyaknya penjual BBM ketengan.

No comments: