Dengan informasi yang cukup, aktivitas akan menjadi lebih mudah.

Saturday, March 3, 2012

3 Potong Pakaian Ihram Untuk Haji


Cukup 3 potong saja. Itulah saran kerabat ketika saya berbincang-bincang tentang pelaksanaan ibadah haji. Waktu itu saya sedang mempersiapkan diri untuk berangkat menunaikan rukun Islam kelima di Tanah Suci.

Saran kerabat itu saya pertimbangkan sungguh-sungguh. Namun, karena belum mengetahui situasi di Tanah Suci, saya tetap membawa pakaian ihram 2 pasang atau 4 potong. Ternyata, setelah berada disana, saran kerabat saya itu benar adanya. 3 potong pakaian ihram itu memadai.


Pakaian ihram pertama kali digunakan ketika akan memasuki kota Mekah. Hanya satu hari. Setelah itu boleh disimpan atau dicuci. Banyak loundry kecil-kecil disekitar maktab.

Pakaian ihram agak lama dipakai ketika menuju Arafah, Musdalifah dan Mina. Kemungkinan yang perlu diganti hanya kain bagian bawahnya saja. Jadi, 3 potong pakaian ihram sudah memadai.

Mempersiapkan pakaian ketika akan berangkat menunaikan ibadah haji, perlu dilakukan. Tidak perlu membawa banyak pakaian, terutama laki-laki. Disana, jemaah haji mempunyai banyak waktu untuk mencuci pakaian. Pengalaman saya, membawa pakaian 3 pasang saja sudah mencukupi. Ditambah kain sarung dan kaos. Sesuaikan pakaian dengan suhu disana. Dimusim panas, bawalah pakaian tipis ( tidak transparan).

Dengan membawa pakaian sekedarnya, memberi peluang lebih untuk mengisi koper dengan barang-barang lain ketika pulang nanti. Dalam mempersiapkan pakaian untuk melaksanakan ibadah haji, patut dijadikan pertimbangan utama adalah pelaksanaan ibadahnya. Artinya, pakaian yang dibawa itu nyaman dipakai untuk beribadah disana, terutama shalat. Tentu saja selalu menutup aurat.


No comments: